Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34721
Title: Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP IT ALMAKA
Authors: Siti Nurbaiti Nupus
Advisors: Nurochim
Keywords: konsep diri, prestasi belajar.
Issue Date: 28-Apr-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP IT ALMAKA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT ALMAKA yang berjumlah 322 siswa, sedangkan sample diambil 15% dari populasi yaitu berjumlah 46 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa kuesioner untuk variabel X (konsep diri) dan nilai raport semester ganjil mata pelajaran IPS untuk variabel Y (prestasi belajar mata pelajaran IPS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r = 0, 902 dan uji signifikasi dengan uji-t sebesar 13,913 dan di konsultasikan pada tabel ttabel 2,015 pada taraf signifikan 0.05. Karena thitung 13,913 > ttabel 2,015 maka koefisien korelasi signifikan. Dengan demikian terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SMP IT ALMAKA. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki seorang anak maka semakin baik prestasi belajar anak di sekolah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34721
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SITI NURBAITI NUPUS-FITK.pdf4.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.