Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34720
Title: Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa
Authors: Sri Utami
Advisors: Tita Khalis Maryati
Lia Kurniawati
Keywords: model flipped classroom, peer instruction flipped, pemecahan masalah matematik, kuasi eksperimen
Issue Date: 25-Apr-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Parung, Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 68 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34720
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Sri Utami Watermark.pdf14.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.