Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34703
Title: Aktivitas dakwah H. Sanusi dengan komunikasi persuasif di Perguruan Pencak Silat Pusaka Djakarta
Other Titles: --
Authors: Achmad Faizal Riwanto
Advisors: artiarini Puspita Arwan
Keywords: Dakwah, Komunikasi Persuasif, Pencak Silat, Pusaka Djakarta, H. Sanusi
Issue Date: Feb-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Dakwah dapat menggunakan media apa saja tanpa terkecuali seni beladiri pencak silat. Pada perakteknya seni beladiri pencak silat mengandung nilai-nilai luhur yang merujuk pada ajaran Islam. Perguruan pencak silat Pusaka Djakarta merupakan perguruan silat beraliran gerak cepat yang berasal dari Betawi. Perguruan ini selalu menerapkan nilai-nilai dakwah islam dalam setiap gerakan, visi, misi, dan sebagai pedoman perguruan silat tersebut. Cara paling tepat dalam penyampaian materi dakwah agar terlihat menarik adalah dengan menggunakan komunikasi persuasif, karena ia merupakan sarana dalam penyampaian pesan yang dilakukan dengan suatu ajakan atau seruan tanpa merasa dipaksa. Metode komunikasi persuasif inilah yang digunakan H. Sanusi (babe Uci) dalam aktivitas dakwahnya di Perguruan pencak silat Pusaka Djakarta. Hasil Penelitian ini menampilkan aktivitas-aktivitas dakwah yang ada di Perguruan Pencak Silat Pusaka Djakarta (PSPD). Dalam dakwahnya Perguruan Silat ini menggunakan metode dakwah bil lisan dan bil hal. Dari hasil pengamatan peneliti, babe Uci selain sebagai pendiri PSPD juga sering memberikan pesan dakwah secara persuasif kepada muridnya. Hal inilah yang membedakan Perguruan Silat Pusaka Djakarta dengan Perguruan Silat lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan masuk kedalam jenis penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai suatu fenomena secara detil. Teori yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah teori komunikasi persuasif dari Jalaludin Rahmat, yaitu Komunikasi Persuasif didefinisikan sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan pendapat, perilaku, dan tindakan orang lain melalui pendekatan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. Proses itu sendiri adalah setiap gejala atau fenomena yang menunjukan suatu perubahan yang terus menerus dalam konteks waktu, setiap pelaksanaa atau perlakuan secara terus-menerus. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini yaitu, aktivitas dakwah apa saja yang terdapat di Perguruan Pencak Silat Pusaka Djakarta?,bagaimana bentuk komunikasi persuasif H. Sanusi dalam aktivitas dakwah di perguruan pencak silat Pusaka Djakarta?, apa faktor pendukung dan penghambat aktivitas dakwah H. Sanusi dengan komunikasi persuasif di Perguruan Pencak Silat Pusaka Djakarta? Kata kunci: Dakwah, H. Sanusi, Komunikasi Persuasif, Pencak Silat, Pusaka Djakarta.
Description: vi, 93 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34703
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ACHMAD FAIZAL RIWANTO-FDK.pdf5.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.