Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34701
Title: Persepsi siswa tentang upaya guru pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak siswa di kelas VII SMP Al-Hasra Depok
Authors: Muhammad Ichsan
Advisors: Dimyati
Keywords: Persepsi Siswa
Issue Date: 12-Apr-2017
Publisher: Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak siswa di kelas VII SMP Al-Hasra, Depok. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non-eksperimental yang bersifat deskriptif, kegiatan penelitian ini melibatkan guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VII di SMP Al-Hasra Depok, pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara, dokumentasi, serta angket berupa pertanyaan yang disebarkan kepada 78 siswa, yang mana angket tersebut berkaitan dengan persepsi siswa tentang upaya guru dalam pembentukan akhlak siswa. Berdasarkan hasil penelitian bentuk-bentuk upaya yang guru agama Islam lakukan adalah: setiap satu guru memberikan bimbingan kepada sepuluh siswa dengan materi bimbingan shalat, pergaulan dengan sesama teman maupun orang tua menurut ajaran Islam, setiap siswa ditunjuk untuk melakukan kultum (kuliah tujuh menit) setiap hari Selasa-Kamis dengan materi tentang akhlak/keislaman setelah selesai shalat Dhuha dan tadarus, serta guru membiasakan siswa untuk menghafal doa setelah shalat dan doa-doa harian (seperti, doa shalat Dhuha, doa masuk dan keluar masjid dan doa-doa lainnya). Kemudian guru juga membudayakan 5 S yaitu (salam, sapa, senyum, sopan dan santun). Persepsi siswa tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa dinyatakan baik dengan persentase 85,2 % sehingga akhlak siswa di SMP Al- Hasra mengalami peningkatan yang baik. Walaupun masih ada sedikit siswa yang masih kurang baik akhlaknya, karena guru mendapatkan sedikit hambatan, yaitu tidak mungkin guru mengontrol siswa di luar sekolah dan mungkin faktor lingkungan yang membuatnya jadi kurang baik, kemudian kalau di dalam sekolah kurangnya motivasi siswa untuk berakhlak mulia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34701
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MUHAMMAD ICHSAN-FITK.pdf3.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.