Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34700
Title: Pemikiran Pendidikan dalam Perspektif KH. Abdullah Syafi'i
Authors: Rizqi Mubarak
Advisors: Dr. Muhammad Dahlan, M.Hum
Keywords: Pendidikan
Issue Date: 12-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran pendidikan yang dilakukan oleh KH. Abdullah Syafi’i yaitu berupaya mengembangkan seluruh potensi peserta didik seoptimal mungkin. Pendidikan Islam berupaya mengantarkan peserta didik ke arah kedewasaan pribadi secara paripurna, yaitu manusia yang beriman dan berilmu pengetahuan. Peran ulama dalam memberikan kontribusi pada dunia pendidikan Islam sangat mempengaruhi warna pendidikan yang tercermin di dalam proses pendidikan di Indonesia. KH. Abdullah Syafi’i adalah salah satu ulama sekaligus pendidik yang berperan dalam memajukan pendidikan Islam di Indonesia khususnya di daerah Jakarta. Warisan dari sistem pendidikan yang dibangun oleh KH. Abdullah Syafi’i masih dapat kita lihat hingga saat ini, dengan berbagai lembaga pendidikan yang telah ia dirikan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang diperoleh dari teks book yang ada di perpustakaan, serta sumber lain yang mendukung penelitian, yaitu disertasi Hasbi indra mengenai Pemikiran Abdullah Syafi’i tentang Pendidikan Pesantren dan Praktisnya. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan yang ideal menurut KH Abdullah Syafi’i adalah harus seirama dengan konsep Islam. Hal tersebut sesuai dengan corak lingkungan dan pribadi beliau sebagai konseptor sekaligus praktisi pendidikan. Metode pengajaran yang sering dipakai oleh KH. Abdullah Syafi’i ialah metode talqin, penugasan, diskusi, keteladanan, serta yang paling penting ialah metode bimbingan dan teladan. Metode teladan merupakan metode yang sangat melekat pada dirinya sebagai ulama. Sehingga metode yang beliau rumuskan masih sangat relevan dalam penggunaannya hingga saat ini. Sehingga dapat menjadi salah satu rujukan seorang pendidik dalam mengaplikasikan metode pendidikan yang ia gunakan dalam proses pendidikan sekarang.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34700
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RIZQI-FITK3.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.