Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34698
Title: Konsep Pendidikan Akhlak Anak menurut Muhammad Syakir al-Iskandariyah dalam kitab Washaya al-Abaa' Lil Abnaa'
Authors: Ahmad Zaki Fauzi
Advisors: Dr. H. Sapiudin Shidiq, M.Ag
Keywords: Pendidikan Akhlak Anak, Muhammad Syakir al-Iskandariyah, Washaya al-Abaa’ Lil Abnaa’.
Issue Date: 15-Mar-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep dan metode pendidikan akhlak yang digunakan di dalam kitab Washaya al-Abaa’ Lil Abnaa’. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan pendidikan agama Islam, khususnya bagi peneliti, praktisi pendidikan, dan menjadi sumber referensi bagi instansi pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan biografi naratif. Dalam hal ini adalah autobiografi pemikiran tokoh yang meliputi konsep pendidikan akhlak anak yang bersumber dari kitab beliau dan menggunakan metode pemaparan deskriptif. Jenis penelitian skripsi menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, catatan, dan media elektronik. Dengan menggunakan sumber primer dari kitab Washaya al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan sumber sekunder dari buku-buku yang menunjang penelitian. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yaitu suatu cara pencarian data melalui variabel berupa catatan, buku, artikel,dan sebagainya. Dalam menganalisis data penulis menggunakan studi content analysis (analisis isi atau analisis kajian), yaitu penulis menganalisis data yang tekstual menurut isinya. Hasil penelitian ini menemukan beberapa konsep dan metode pendidian akhlak dalam kitab tesebut, di antaranya adalah: konsep berakhlak kepada Allah dan Rasul- Nya, konsep berakhlak terhadap ilmu, konsep akhlak kepada guru, konsep akhlak kepada orang tua, konsep akhlak kepada teman, konsep akhlak kepada masyarakat, konsep akhlak kepada diri sendiri, dan konsep akhlak terhadap negara. Adapun metode pendidikan dalam kitab tersebut, di antaranya adalah: metode diskusi (discussion), metode menghafal (memorized), metode nasihat (advice), metode pembiasaan diri (self habit), metode kisah (story telling), metode dialog (dialogue), metode perumpamaan (example), dan metode targhib dan tarhib (reward and punishment).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34698
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AHMAD ZAKI-FITK4.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.