Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34697
Title: Fa'aaliyah Istikhdam La'bu As-Shunduq (Box Game) Fii Ta'liim Al-Mufraadat Ladaa Talaamidz As-Shaff Ar-Raabi' "A" wa As-Shaff Ar-Raabi' "B" Bimadraasati Khoirul Huda Bedahan Sawangan Depok
Authors: Durrotul Bahiyah
Advisors: Dr. Ahmad Dardiri, MA
Siti Uriana Rahmawati, M.Ag
Keywords: Efektivitas Penggunaan Permainan Kotak “Game Box” dalam Pembelajaran Mufrodat di MI Khoirul Huda Bedahan Sawangan Depok."
Issue Date: 13-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini berangkat dari beberapa permasalahan yang dihadapi guru dalam mengajarkan mufrodat di MI Khoirul Huda. Hal ini dibuktikan dengan sedikitnya minat siswa madrasah ibtidaiyah dalam mempelajari bahasa Arab, dan terdapat beberapa siswa suka mempelajari mufrodat dengan terjemah langsung. Tujuan penelitian ini di antaranya ialah: Mengungkapkan pembelajaran mufrodat dengan "permainan kotak", nilai pembelajaran mufrodat dengan strategi ini, dan efektivitas pengajaran mufrodat pada siswa kelas IV A dan IV B di MI Khoirul Huda Bedahan Sawangan Depok dengan strategi "permainan kotak". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penulisan penelitian ini, peneliti menggunakan dua kelompok, di antaranya ialah kelompok eksperimen dari siswa kelas IV A dan kelompok kontrol dari siswa kelas IV B. Peneliti juga menggunakan rumus "Ttest" untuk mengetahui efektivitas penggunaan "permainan kotak" dalam pembelajaran mufrodat di kelompok eksperimen. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti antara lain : Menyiapkan media, pengucapan mufrodat, mendiskusikan arti-arti mufrodat dengan "permainan kotak", penulisan mufrodat, dan evaluasi pelajaran. Setelah peneliti memberikan dua tes, yaitu pretest dan posttest kepada siswa. Maka didapatlah nilai siswa kelompok eksperimen dari perhitungan "Ttest" mencapai 42.96, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai 34,87. Setelah melakukan perhitungan nilai to, maka didapatlah hasil perhitungan 260,96. Terlihatlah dari perhitungan ini, bahwa nilai to lebih besar dari tt di tingkat 5 % (2,65) dan di tingkat 1% (1.99). Sampailah kepada penjelasan kesimpulan, bahwa hipotesis nihil ditolak. Jadi, terdapat perbedaan di antara dua kelompok merupakan perbedaan yang signifikan. Membuktikan adanya efektivitas penggunaan "permainan kotak" dalam pembelajaran mufrodat pada siswa kelas IV A dan kelas IV B di MI Khoirul Huda Bedahan Sawangan Depok tahun ajaran 2016-2017 M. Adapun efektivitas di dalamnya kuat.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34697
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DURROTUL BAHIYAH-FITK22.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.