Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34677
Title: Penerapan Standar Operating Procedures (SOP) pada pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta
Authors: Fifit Fitriyani
Advisors: Alfida
Keywords: Sop perpustakaan, layanan sirkulasi
Issue Date: 29-Mar-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, 2017
Abstract: Penelitian ini membahas tentang Penerapan Standard Operating Procedures (SOP) yang dilakukan di Perpustakaan Fakultas Hukum UPN veteran Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya Penerapan Standard Operating Procedures (SOP) pada pelayanan sirkulasi, bagaimana penerapan SOP pada pelayanan sirkulasi di perpustakaan fakultas hukum UPN Veteran Jakarta dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pengimplementasian Standard Operating Procedures (SOP) pada layanan sirkulasi di perpustakaan fakultas hukum UPN Veteran Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah tiga orang pustakawan yang ada di Perpustakaan Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa SOP yang disusun memang sangat penting bagi pustakawan dan pemustaka. Adanya SOP pada pelayanan sirkulasi dapat mempermudah pekerjaan mereka khususnya pada pelayanan sirkulasi. SOP menjadi pedoman para pustakawan di dalam suatu pekerjaan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan serta kepuasan bagi pemustaka. Dalam penerapan pelayanan sirkulasi perpustakaan fakultas hukum UPN Veteran Jakarta masih kurang digunakan dalam melakukan pekerjaan dan masih ada hal-hal yang tidak sesuai apa yang telah ditentukan di dalam SOP tersebut. Adapun kendala penerapan SOP pada pelayanan sirkulasi meliputi dua hal. Pertama, jaringan internet yang lambat menyebabkan terhambatnya proses pelayanan. Kedua, kurangnya 1 komputer untuk user dan kurangnya pengawasan dan pemeliharaan misalnya adanya kode barcode yang rusak. Dalam menghadapi kendala-kendala penerapan Standard Operating Procedures (SOP) pada pelayanan sirkulasi, perpustakaan sudah mengatasinya dengan baik. Hal tersebut harus dipertahankan agar mutu pelayanan sirkulasi tetap meningkat
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34677
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FIFIT FITRIYANI-FAH.pdf2.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.