Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34658
Title: Students' Writing Habits and Strategies Based on Their Composing Style (A Survey of English Education 7th Semester Students in Syarif Hidayatullah State Islamic University of Jakarta)
Authors: Desi Ratnasari
Advisors: Siti Nurul Azkiyah
Dadan Nugraha
Keywords: Menulis, Kebiasaan-kebiasan dalam Menulis, Strategi-strategi Menulis, Gaya Penyusunan (Composing Style); Planner, Reviser, Sequential Composer, Perbedaan-perbedaan Individu
Issue Date: 12-Apr-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengungkapkan kebiasaan-kebiasaan dan strategistrategi siswa dalam menulis serta untuk menemukan fakta apakah ada perbedaan yang signifikan di dalam nilai Academic Writing siswa berdasarkan gaya kepenyusunannya. Para partisipan adalah 59 siswa semester 7 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah menyelesaikan mata kuliah Academic Writing. Metode campuran digunakan sebagai pendekatan dan survei sebagai desain dari penelitian ini dengan data yang diperoleh melalui tiga sumber: angket, wawancara dan dokumentasi berupa nilai Academic Writing siswa. Sebanyak tiga bundel angket dianalisa menggunakan perhitungan manual, sedangkan proses pengkodean dilakukan untuk mengungkap fakta-fakta dari transkrip wawancara yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan dan strategi-strategi menulis siswa berdasarkan gaya kepenyusunan mereka. Selanjutnya, ANOVA satu jalur digunakan untuk menganalisa nilai Academic Writing siswa. Penelitian menemukan sebanyak 25 siswa (42%) adalah Planner yang merencanakan tulisan mereka secara detil di dalam pikiran sebelum menulis dan 23 siswa (39%) adalah Reviser yang cenderung langsung menulis tanpa merencanakan tulisannya serta mengembangkan isi dan struktur melalui proses revisi yang luas. Sedangkan 11 siswa (19%) adalah Sequential Composer yang bergantung pada keduanya, baik rencana-rencana tertulisnya sebelum menulis maupun proses revisi yang luas sebagai bagian dari proses menulis. Selain itu, temuan penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam nilai Academic Writing siswa berdasarkan gaya kepenyusunan mereka. Hasil menunjukkan F-value (F0) 0.997 lebih rendah dari F-table (Ft) 3.162, (0.997 < 3.162) dan nilai p 0.375 lebih tinggi dari 0.05, (0.375 > 0.05). Maka, H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya bahwa gaya kepenyusunan tidak mempengaruhi kesuksesan siswa dalam menulis. Oleh sebab itu, gaya kepenyusunan apapun memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai prestasi yang lebih baik dalam keterampilan menulis.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34658
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Desi Ratnasari-FITK4.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.