Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34649
Title: Fa'aaliyah At-Taufiiq Baina Ath-Thariiqah As-Sam'iyyah Asy-Syafawiyyah wa Ath-Thariiqah Al-Mubaasyarah Fii Ta'liimi Mahaarah Al-Kalaam Ladaa Ath-Thullab Ash-Shofi Ats-Tsamin Fii Madrsah Al-Khairiyah Al-Mutawashithah Al-Islaamiyah Jakarta
Authors: Riri Aisyaturridho
Advisors: Drs. Syamsul Arifin, M.Pd.
Ubaid Ridlo, MA
Keywords: Penggabungan Dua Metode
Issue Date: 25-Apr-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: ABSTRAK Riri Aisyaturridho 1112012000053 Penelitian ini berjudul “Efektifitas Penggabungan Metode Audiolingual dan Metode Langsung dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di kelas 8 Mts Alkhairiyah Jakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggabungan kedua metode dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara di kelas 8 Mts Alkhairiyah Jakarta. Karakteristik penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berdasarkan studi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 A dan B Mts Alkhairiyah Jakarta. Data yang ada dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan test, dan digunakan rumus “t-test” untuk menjelaskan efektifitas penggabungan metode audiolingual dan metode langsung dalam pembelajaran keterampilan berbicara di kelas 8 Mts Alkhairiyah Jakarta. Penelitian ini telah mendapatkan hasil yang penting, diantaranya: 1. Proses penggabungan kedua metode tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbicara yang telah dilakukan adalah : peneliti menyajikan materi hiwar dan mengulang kata per katanya kemudian siswa mengikuti hiwar tersebut setalah peneliti. Kemudian peneliti menjelaskan mufrodat baru dengan media pembelajaran, dan dalam pemahaman kaidah yang terkandung di dalam hiwar tersebut, peneliti menggunakan contoh lain. Kemudian siswa menghafalkan hiwar tersbeut dan melatihnya bersama teman-teman mereka di depan kelas. 2. Nilai yang diperoleh kelas eksperimen adalah 80,06 dan hasilnya sangat baik, sedangkan nilai yang diperoleh kelas kontrol adalah 66,52 dan hasilnya cukup. Berdasarkan hasil tersebut, penggabungan antara metode audio lingual dan metode langsung telah terbukti efektif diterapkan di pembelajaran keterampilan berbicara. Oleh karena itu, H0ditolak dan Ha diterima.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34649
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Riri Aisyaturridho-FITK17.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.