Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34644
Title: Pengaruh Model Aptitude Treatment Interaction Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Statis
Authors: Maisya Anjani
Advisors: Hasian Pohan
Fathiah Alatas
Keywords: Aptitude Treatment Interaction;Multimedia;Fluida Statis;Hasil Belajar
Issue Date: 8-Feb-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Depok. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 4 dan kelas kontrol adalah kelas X MIA 3 Penelitian ini berlangsung pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dan pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dan instrumen nontes berupa angket dan lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney terhadap data posttest diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 dan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 atau Sig. (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya model ATI berbantuan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model ATI berbantuan multimedia lebih unggul dibanding kelas kontrol pada semua jenjang kognitif. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model ATI berada pada kategori baik, dan hasil observasi kegiatan siswa selama pembelajaran juga berada pada kategori baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34644
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MAISYA ANJANI-FITK6.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.