Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34643
Title: PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR
Authors: Arif Rahman Kurniadi
Advisors: Gelar Dwirahayu
Issue Date: 8-Feb-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V SD, pada materi luas bangun datar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Syukro Universal Ciputat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi luas bangun datar. Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal berbentuk uraian. Masing-masing soal mewakili indikator berpikir kreatif menurut Silver, yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving. Hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh, dengan menggunakan metode problem solving kelas eksperimen sebesar 75,40, dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas kontrol sebesar 50,38. Sehingga, berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 6,175 dan ttabel = 1,676 dengan taraf signifikan (α) = 0.05. Karena thitung > ttabel (6,175 > 1,676), maka H1 diterima atau H0 ditolak. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
metadata.dc.description.uri: Metode Problem Solving Polya, Berpikir Kreatif Matematis Teori Silver
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34643
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Arif Rahman Kurniadi-FITK8.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.