Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34641
Title: PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI/SD PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
Authors: Rossiana
Advisors: Gelar Dwirahayu
Issue Date: 8-Feb-2017
Publisher: FITK
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada materi luas dan keliling bangun datar SD. Penelitian dilakukan pada bulan November 2016 di MI Sa`adatuddawam Pondok Cabe. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental) dengan rancangan penelitian TwoGroup Randomized Subject Posttest Only dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas IV MI Sa'adatuddawam dimana kelas pertama adalah kelas kontrol dan kelas kedua adalah kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan kosntruktivisme memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 65,9 dari kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional yaitu sebesar 50,4. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh (effect sizes) dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s d, diperoleh nilai effect sizes (d) sebesar 0,743. Nilai effect sizes yang diperoleh menginterpretasikan bahwa pendekatan konstruktivisme memiliki pengaruh dalam kategori yang sedang. Dengan demikian, ini menunjukkan terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan pendekatan konstruktivisme terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Sa'adatuddawam pada materi luas dan keliling bangun datar.
metadata.dc.description.uri: Pendekatan Kosntruktivisme, Hasil Belajar, Bangun Datar
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34641
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Rossiana-FITK7.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.