Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34640
Title: Pengaruh LKS Berbasis Ranking Task terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Momentum dan Impuls
Authors: Ana Ferina Adriyani
Advisors: Diah Mulhayatiah
Fathiah Alatas
Keywords: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Ranking Task, Hasil Belajar, Momentum dan Impuls
Issue Date: 20-Apr-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasis ranking task terhadap hasil belajar siswa pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Tangerang Selatan pada bulan April sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode eksperimen semu dengan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di mana kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan LKS berbasis ranking task dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan LKS konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan nontes berupa lembar observasi. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh LKS berbasis ranking task terhadap hasil belajar siswa pada konsep momentum dan impuls, di mana thitung = 3,13 dan ttabel pada taraf signifikan 5% (n = 30) sebesar 2,00. Nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis ranking task lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS konvensional. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen unggul pada jenjang kognitif memahami (C2) sebesar 28,9% dan menganalisis (C4) sebesar 44,4%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34640
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANA FERINA ADRIAYANI-FITK11.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.