Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34626
Title: Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kuantum pada pelajaran pkn materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah dikelas v mi salafiyyah safiiyyah
Authors: Meka Rahmawati Jaya
Advisors: Asep Ediana Latip, M.Pd
Anis Fuadah Zuhri, M.Pd.I
Keywords: model pembelajaran Kuantum, hasil belajar kognitif siswa, PKn
Issue Date: 20-Jan-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif siswa pada mata pelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran Kuantum. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dalam enam kali pertemuan. Model ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu meningkatnya hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa naik sebanyak 68,2% dengan perolehan presentase ketuntasan 14% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 siswa) pada posttes siklus I menjadi 82,2% pada posttes siklus II (siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa). Ketika menggunakan model pembelajaran Kuantum, guru harus menyiapkan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajarn kuantum, maka menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kuantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34626
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Meka Rahmawati Jaya-FITK8.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.