Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34620
Title: Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD ISlam Al Hasanah Ciledug-Tangerang
Authors: Ruslina
Advisors: Dr. Khalimi, M. Ag
Keywords: Model Kooperatif Picture And Picture, Hasil Belajar dan IPS
Issue Date: 20-Jan-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model kooperatif picture and picture terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Islam Al-Hasanah Ciledug. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda, serta instrumen nontes berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kooperatif picture and picture terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V di SD Islam Al-Hasanah Ciledug dalam bentuk peningkatan rata-rata nilai kelas yang signifikan. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yakni perolehan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga H0 ditolak atau H1 diterima, karena Sig t-test (2-tailed) yakni 0,000 < 0,05. Hal tersebut juga didukung oleh hasil telaah observasi dan wawancara yang menunjukan respon positif dari subjek penelitian.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34620
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ruslina-FITK9.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.