Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34604
Title: Penerapan Model Pencapaian Konsep Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran
Authors: Widayati Lutfi Fauziah
Advisors: Dr. Lia Kurniawati, M.Pd
Dr. Tita Khalis Maryati, M.Kom
Keywords: Model Pencapaian Konsep, Berpikir Kritis Matematis, Kuasi Eksperimen
Issue Date: 4-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pencapaian konsep dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 87 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Post test Only Control Group Design. Sampel penelitian yang terpilih terdiri dari kelas kontrol (konvensional) dan kelas eksperimen (model pencapaian konsep) yang ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pecapaian konsep lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pencapaian konsep berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34604
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Widayati Lutfi Fauziah-FITK16.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.