Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34598
Title: Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Di MI Raudhatul Ulum Jakarta Barat
Authors: Mutiara
Advisors: Dr. Fauzan, MA.
Keywords: Hasil Belajar IPS, Mind Mapping.
Issue Date: 13-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III MI Raudhatul Ulum jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan di MI Raudhatul Ulum Jakarta Barat pada bulan Agustus-September 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest dan post test. Pengambilan sempel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sample penelitian kelas A(kelas eksperimen) 34 orang dan kelas B (kelas kontrol) sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan untuk uji normalitas mengguanakan uji liliefors dengan teknik kolmogorov-smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan one way anova. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MI Raudatul Ulum Jakarta Barat.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34598
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Mutiara-FITK47.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.