Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34597
Title: PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP ISLAMIYAH CIPUTAT.
Authors: Frisca Fauzia Khairunnissa
Advisors: Andri Noor Ardiansyah, M.Si
Keywords: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, IPS.
Issue Date: 13-Feb-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Islamiyah Ciputat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VIII di SMP Islamiyah Ciputat pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data pengelolaan kelas diambil dari angket dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 30 sedangkan data hasil belajar diambil dari jumah rata-rata nilai tugas harian, ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Hasil perhitungan korelasi antara pengelolaan kelas dan hasil belajar, dengan tingkat korelasi R (Rxy) sebesar 0,272 dan R Square (Koefisien Diterminasi) sebesar 7,39% menunjukkan bahwa korelasi antara pengelolaan kelas dan hasil belajar memiliki korelasi yang lemah atau rendah. Dengan demikian, maka hipotesis 0 ditolak dan hipotesis 1 diterima, artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islamiyah Ciputat.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34597
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Frisca Fauzia Khairunnissa-FITK14.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.