Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34592
Title: Tradisi Merantau di Minangkabau pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Merantau ke Deli karya Hamka dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah
Authors: Intan Ramadyla Eka Putri
Advisors: Ahmad Bahtiar
Keywords: Merantau, Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Merantau ke Deli, dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Issue Date: 3-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Novel karya Hamka yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Merantau ke Deli merupakan novel yang menggambarkan dan informasi tentang bagaimana tradisi merantau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tradisi merantau yang terdapat pada dua novel karya Hamka yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para pembaca terkhusus untuk siswa dalam pembelajaran di sekolah serta menghargai nilai budaya yang terdapat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengutamakan gambaran yang terdapat dalam novel ini dan mengidentifikasi unsur intrinsiknya. Berdasarkan penelitian ini bahwa tradisi merantau yang terdapat pada novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Merantau ke Deli karya Hamka adalah: 1) Merantau Pemekaran Nagari, 2) Merantau Keliling, dan 3) Merantau Cino dari ketiga kategori tersebut terdapat lima yang melatarbelakangi merantau tersebut, berikut cakupannya 1) Adat (yakni kebiasaan) perkawinan/perceraian, 2) Pendidikan Perantau, 3) Pekerjaan Perantau, 4) Tempat-tempat merantau yang dituju, dan 5) Tujuan Merantau. Tradisi merantau ini dikategorikan menjadi tiga macam dan mempunyai masing-masing pengertian dan fungsinya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34592
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Intan Ramadyla Eka Putri-FITK10 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.