Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34589
Title: Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Alam di School of Universe Parung
Authors: Azka Zakiah
Advisors: Drs. Mua'rif SAM, M. Pd
Heny Narendrany Hidayati, M. Pd
Keywords: Pembinaan, Kompetensi Pedagogik Guru, Sekolah alam
Issue Date: 12-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensi pedagogik guru yang dilakukan kepala sekolah berdasarkan program pembinaan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data, digunakan teknik wawancara, studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kompetensi pedagogik guru berjalan cukup efektif. Hal tersebut ditinjau dari pembinaan yang dilakukan kepala sekolah bersama dengan konsultan dan program training effair. Namun, seringnya pergantian guru akibat sistem perekrutan yang menggunakan masa kontrak 2 tahun, menjadikan hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah terhadap guru yang diharapkan memperpanjang masa kontraknya menjadi tak berlanjut sehingga pihak sekolah harus melaksanakan pembinaan ulang bagi guru baru. Selain itu, siswa selalu beradaptasi dengan guru baru ditengah perjalanan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan sekolah tidak mengadakan masa kontrak bagi guru sehingga sekolah tidak perlu melakukan pembinaan secara berulang-ulang bagi guru baru. Selain itu, kepala sekolah perlu menyediakan referensi yang memadai yang berkaitan dengan pengelolaan anak, pengelolaan pembelajaran dan hal-hal yang berhubungan dengan kompetensi pedagogik agar guru dapat memperluas wawasan di waktu luang.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34589
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Azka Zakiah-FITK2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.