Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34587
Title: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Diskursus Matematik
Authors: Lailita Tria Rahmawati
Advisors: Dr. Lia Kurniawati, M.Pd.
Dr. Tita Khalis Maryati, M.Kom
Keywords: Pendekatan Diskursus, Berpikir Kritis Matematis, Quasi Eksperimen
Issue Date: 4-Apr-2017
Publisher: Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan diskursus matematik. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diukur dalam penelitian ini, yaitu: (a)memfokuskan pertanyaan, (b) mempertimbangkan kredibilitas (kriteria) suatu sumber, (c) menganalisis argumen, (d) mempertimbangkan hasil keputusan, (e)memutuskan suatu tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 178 Jakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes berpikir kritis berbentuk essay. Peningkatan dihitung menggunakan Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan pendekatan diskursus matematik lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34587
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Lailita Tria Rahmawati-FITK19.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.