Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34583
Title: Pengaruh Strategi Semantic Mapping terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Authors: Siti Fauziah Rahmah
Advisors: Abdul Muin
Eva Musyrifah
Keywords: Strategi Semantic Mapping;Kemampuan Koneksi Matematis
Issue Date: 17-Apr-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi Semantic Mapping terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri daerah Jakarta Selatan Tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen pembelajaranya menggunakan strategi Semantic Mapping dan kelas kontrol menggunakan strategi konvensional (ekspositori). Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes koneksi matematis yang berbentuk essay. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan strategi Semantic Mapping sebesar 13,61 dan nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (ekspositori) sebesar 9,20. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan strategi Semantic Mapping lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi konvensional (ekspositori). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Semantic Mapping berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34583
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Siti Fauziah Rahmah-FITK16.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.