Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34582
Title: A Cohesion and Coherence on Students' Exposition Writing (A Discourse Analysis)
Other Titles: Sebuah Analisis Kohesi dan Koherensi pada Tulisan Eksposisi Siswa
Authors: Ina Nur Hasanah
Advisors: Syauki
Desi Nahartini
Keywords: Kemampuan Siswa;Membangun Kohesi dan Koherensi;Tulisan Eksposisi
Issue Date: 17-Apr-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Mempertimbangkan pentingnya kohesi dan koherensi, penelitian ini meneliti sebuah kohesi dan koherensi pada tulisan eksposisi siswa dalam hal: (1) kemampuan siswa dalam membangun kohesi, dan (2) kemampuan siswa dalam membangun koherensi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI MA Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Subyek penelitian ini sebanyak 38 siswa dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Data diperoleh dari arsip dokumen tulisan eksposisi siswa. Data dianalisa secara kualitatif berdasarkan teori Halliday dan Hasan serta skala mutlak Bachman dan Palmer yang menjadi dasar skala penilaian untuk menilai koherensi. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membangun kohesi yaitu referensi sebanyak 58.3%, konjungsi 27%. Kemudian diikuti oleh reiterasi sebanyak 14%, substitusi 0.4%, kolokasi 0.2% dan ellipsis 0%. Di samping itu, kemampuan rata-rata siswa dalam membangun koherensi yaitu pada skala Ekstensif (3). Hal ini berarti bahwa siswa mempunyai pemahaman yang cukup bagus dalam membangun koherensi pada tulisan mereka. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kohesi dan koherensi harus ditekankan dalam pengajaran menulis dan guru Bahasa Inggis harus berkompeten dalam mengevaluasi kohesi dan koherensi pada tulisan siswa agar menjadi lebih baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34582
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ina Nur Hasanah-FITK5.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.