Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34581
Title: The Effectiveness of Picture Series in Teaching Students' Reading Comprehension of Narrative Text
Authors: Lisa Rusrianti
Advisors: Atiq Susilo
Sunardi Kartowisastro
Keywords: Picture, Reading, Reading Comprehension
Issue Date: 18-Apr-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar berseri dalam pengajaran teks naratif pada pemahaman membaca siswa. Populasi untuk penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Islamiyah Ciputat. Sampel yang di pilih berjumlah 60 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diklasifikasikan menjadi dua kelas, kelas eksperimen dankelas kontrol. Instrumen yang yang di gunakan berupa tes dan penulis menggunakan SPSS 21 untuk mengetes reabilitas dan validitas dari instrumen. Selanjutnya, hasil tes di analisis dengan t-tes untuk mendapatkan efektivitas penggunaan gambar berseri dalam pemahaman membaca pada narratif text. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas ekperimen adalah 73.36 sementara nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 70. 56. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata post-test kedua kelas. Tes hipotesis menunjukkan bahwa sig. 2 tailed (p) adalah 0.015 sementara alpha (α) adalah 0.05. Dengan kata lain, p < α. Hal ini berarti bahwa H0 (Hipotesis null) di tolak dan Ha (Hipotesis alternative) di terima. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan gambar berseri dalam pengajaran teks narrative terhadap pemahaman membaca siswa kelas VIII MTs Islamiyah Ciputat.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34581
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Lisa Rusrianti-FITK3.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.