Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34577
Title: Peranan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Intiba dalam Pembinaan Akhlak Remaja di Kelurahan Sawah - Ciputat
Authors: Hanny Puspitasari
Advisors: Masan AF
Keywords: Research Subject Categories::HUMANITIES and RELIGION;Research Subject Categories::HUMANITIES and RELIGION::Religion/Theology
Issue Date: 18-Apr-2017
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pondok pesantren dan panti asuhan Al-Intiba dalam pembinaan akhlak remaja di Kelurahan Sawah, Ciputat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan September 2016 sampai bulan November 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen. Sementara pemeriksaan atau pengecekan data menggunakan derajat kepercayaan (credibility), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Sedangkan teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data mentah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al-Intiba memiliki beberapa peranan dalam pembinaan akhlak remaja, yaitu 1) sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan; 2) sebagai media dakwah Islam; 3) sebagai lembaga kesejahteraan sosial; 4) sebagai wadah pembinaan akhlak remaja; dan 5) sebagai kontrol sosial dan pencegah masuknya pergaulan yang buruk. Adapun metode atau cara yang digunakan dalam pembinaan akhlak remaja adalah 1) metode keteladanan; 2) metode pembiasaan; 3) metode kisah dan lagu; 4) metode ibrah dan mau’izah hasanah; dan 5) metode targhib dan tarhib.Al-Intiba memiliki peranan yang sangat penting di dalam masyarakat Kelurahan Sawah khususnya RT 003/RW 004, dan peranan itu perlu ditingkatkan lagi dilihat dari proses pembinaan, metode pembinaan dan evaluasi pembinaan akhlak remaja, sehingga berjalan dengan maksimal dan tepat guna.Dan metode yang efektif digunakan untuk pembinaan akhlak adalah metode keteladanan dan pembiasaan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34577
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Hanny Puspitasari-FITK26.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.