Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34566
Title: Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa antara Model Pembelajaran PBI dan CPS pada Konsep Keanekaragaman Hayati
Authors: Dian Nurmala Wulansari
Advisors: Ahmad Sofyan
Yuke Mardiati
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem based Instruction (PBI), Creative Problem Solving (CPS).
Issue Date: 31-Jan-2017
Publisher: Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Problem Based Instruction (PBI) dan Creative Problem Solving (CPS) merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang memfokuskan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang dekat dengan lingkungan siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa akan berkembang dengan baik karena siswa diajak berpikir divergen dan konvergen dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Creative Problem Solving (CPS) pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MAN 3 Tangerang Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas dengan model CPS) dan siswa kelas X MIA 2 berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas dengan model PBI). Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 13 soal, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil thitung lebih kecil dibandingkan ttabel (1,31<1,99), sehingga hipotesis nol (H0) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) dan Creative Problem Solving (CPS) pada konsep keanekaragaman hayati.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34566
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIAN NURMALA WULANSARI-FITK.pdf12.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.