Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34561
Title: Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Authors: Anton Hilmansyah
Advisors: Afidah Mas'ud
Khairunnisa
Keywords: Strategi Means-Ends Analysis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Quasi Eksperimen
Issue Date: 10-Apr-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan menyelesaikan masalah matematika dengan solusi yang bervariasi dan rinci dalam menguraikan langkah-langkah penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan penerapan strategi means-ends analysis dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 39 Bekasi Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan penerapan strategi means-ends analysis lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan Strategi Means-Ends Analysis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34561
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
skripsi MEA watermark.pdf5.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.