Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34560
Title: Pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa
Authors: Luthfiya Tri Kusumasari
Advisors: Lia Kurniawati
Moria Fatma
Keywords: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis;Inquiry Co-Operation Model(ICM)
Issue Date: 3-Mar-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 10 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian berjumlah 43 siswa untuk kelas eksperimen dan 44 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematis berbentuk tes uraian. Dari hasil perhitungan data dengan menggunakan taraf signifikansi = 5% diperoleh . Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Inquiry Co-Operation Model (ICM) lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34560
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
skripsi Luthfiya watermark.pdf9.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.