Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34549
Title: Pengaruh Pembelajaran CIRC Terhadap Pemahaman Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III
Authors: Nabila Nur Kamila
Advisors: Gelar Dwirahayu
Keywords: CIRC, Operasi Hitung, Pemahaman Soal Cerita
Issue Date: 8-Feb-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC terhadap pemahaman soal cerita matematika siswa kelas III pada pokok bahasan operasi hitung campuran. CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compotition) pada awalnya merupakan pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis yaitu sebuah program komprehensif untuk pengajaran membaca dan menulis untuk kelas-kelas tinggi sekolah dasar. CIRC diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami, menafsirkan dan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilandak Barat 03 Pagi tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eskperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pembelajaran CIRC memperoleh nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi yaitu sebesar 74,4 dibandingkan dengan hasil post-test yang diajar tanpa pembelajaran CIRC yaitu sebesar 60. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s d, diperoleh nilai effect size (d) sebesar 0,5. Nilai effect size yang diperoleh menginterpretasikan bahwa pengaplikasian pembelajaran CIRC memberikan pengaruh yang tinggi terhadap pemahaman soal cerita matematika siswa kelas III SDN Cilandak Barat 03.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34549
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NABILA NUR KAMILA-FITK23.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.