Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34548
Title: Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas III SDN Tangerang 15
Authors: Tiara Azizah Naditya
Advisors: Zikri Neni Iska
Keywords: Media Film Kartun, Keterampilan Menyimak, Cerita
Issue Date: 25-Dec-2016
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film kartun terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas III SDN Tangerang 15. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Pretes-posttest control group desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian kelas A (kelas eksperimen) sejumlah 30 peserta didik dan kelas B (kelas kontrol) sejumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda, wawancara, dokumentasi dan observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan One Way Anova. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media film kartun terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas III SDN Tangerang 15. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t-hitung > t-tabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, 2.076 > 2,0071 dan sig 0,042 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal tersebut juga ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil posttest yaitu kelompok eksperimen sebesar 88,00 dan kelompok kontrol sebesar 83,33.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34548
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Tiara Azizah Naditya-FITK346.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.