Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34545
Title: Pengaruh Alat Peraga Medan Magnet (APMM) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Medan Magnet
Authors: Novita Sri Wullan
Advisors: Dwi Nanto
Keywords: Alat Peraga Medan Magnet (APMM), Hasil Belajar, Angket, Lembar Observasi, Medan Magnet.
Issue Date: 22-Mar-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alat Peraga Medan Magnet (APMM) terhadap hasil belajar siswa pada konsep medan magnet dan mengetahui respon siswa terhadap Alat Peraga Medan Magnet (APMM) yang digunakan dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Serang. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA 2 dan kelas kontrol adalah kelas XII IPA 1. Penelitian ini berlangsung pada bulan November 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket respon siswa dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Alat Peraga Medan Magnet (APMM) terhadap hasil belajar siswa pada konsep medan magnet. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 2,41 dan nilai ttabel sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Pembelajaran menggunakan Alat Peraga Medan Magnet (APMM) unggul pada jenjang kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi). Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Alat Peraga Medan Magnet (APMM) berada dalam kategori baik dan hasil observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran berada dalam kategori baik sekali.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34545
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NOVITA SRI WULLAN-FITK6.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.