Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34541
Title: Implementasi Manajemen Peserta Didik di Lembaga Homeschooling (Studi Kasus di Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 02 Jakarta Timur)
Authors: Aliy Ridho
Advisors: Salman Tumanggor
Fathi Ismail
Keywords: Manajemen Peserta Didik, Homeschooling
Issue Date: 17-Apr-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses penerimaan peserta didik baru, bagaimana pelaksanaan proses pencatatan dan pelaporan kemajuan hasil belajar peserta didik. Selain itu, untuk melihat kendala apa saja yang dihadapi dan apa bentuk upaya yang dilakukan agar implementasi manajemen perserta didik ini berjalan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 02 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumen mengenai implementasi manajemen peserta didik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari sumber-sumber pustaka tentang permasalahan yang dikaji, data display untuk menyajikan data berupa uraian singkat. Conclusion, drawing/ verification yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penerimaan peserta didik baru di Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 02 Jakarta Timur dilakukan pada awal bulan Januari-Februari, penerimaan peserta didik baru adalah hasil murni dari tim observasi, syarat kualifikasi terutama pada aspek, usia, sikap, kelancaran berkomunikasi dua arah, fokus pada pelajaran, percaya diri, kemandirian, kesiapan belajar, siap mengikuti tata tertib sekolah, siap berkompetisi. Pelaksanaan pencatatan kemajuan hasil belajar peserta didik di lakukan oleh masing-masing walikelas seperti pencatatan nilai dan perkembangan peserta didik di Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 02 Jakarta Timur di ketahui dari lembar penilaian, absensi, lembar pola kegiatan harian, lembar komunikasi pihak sekolah dan orang tua. Pelaporan hasil belajar siswa yang diberikan pihak sekolah berupa buku raport. Kendala yang dihadapi ketika implementasi manajemen peserta didik yaitu aspek perencanaan, penerimaan peserta didik, pencatatan dan pelaporan serta pengawasan kepala sekolah. Lemahnya perhatian orang tua terhadap kelengkapan administrasi peserta didik dan proses yang memerlukan kertelibatan orang tua dalam kegiatan- kegiatan sekolah. Secara umum, implementasi manajemen peserta didik di Homeschooling Group Sekolah Dasar Khoiru Ummah 02 Jakarta Timur berjalan cukup baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34541
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Aliy Ridho-FITK43.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.