Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34536
Title: Fa'aaliyyah Ittiba' Istiraatijiyyah Atta'allum Atta'aawuniy Fariiq Buthuulatil Al'aab (Teams Game Tournament) Fii Ta'liimi Tarkib Ladaa Talaamidz Asshaf Atsani Bimadrasah Pembangunan Al-Mutawasithah Al-Islaamiyyah Jakarta
Authors: Nurul Dwi Muliana
Advisors: Syamsul Arifin
Ahmad Royani
Keywords: Kooperatif Learning, Teams Game Tournament, Tarkiib
Issue Date: 22-Jan-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Peneliti memilih judul ini disebabkan oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran tarkib di MTs. Pembangunan Jakarta. Diantaranya dari segi lemahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran tarkib, hal itu disebabkan karena kurangnya pemahaman mereka terhadap pelajaran tarkib, kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa Arab karena mindset mereka yang sudah menganggap bahwa Bahasa Arab itu sulit, dan juga kurangnya motivasi mereka dalam belajar Bahasa Arab menyebabkan mereka kurang memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana efektivitas pembelajaran tarkib menggunakan strategi pembelajaran kooperatif di kelas 2G MTs. Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskripsi dan eksperimen. Dan tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pengamatan langsung, wawancara langsung dengan guru, dan tes yang berkaitan dengan judul materi untuk mengetahui kemampuan tarkib siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif “Teams Game Tournament”. Dan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus T-test. Adapun langkah –langkah “Teams Game Tournament” yang digunakan peneliti yaitu: Pertama, pembagian kelompok. Kedua, penjelasan materi. Ketiga, permainan. Dan yang terakhir adalah evaluasi permainan. Setelah melakukan tes untuk siswa, peneliti mengetahui hasil rata-rata postest siswa kelas eksperimen yaitu 80,51 dan hasil rata-rata postest siswa kelas kontrol yaitu 69,07. Dan hasil kemampuan siswa di kelas eksperimen lebih besar dari hasil kemampuan siswa di kelas kontrol. Setelah mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut, hasil to yaitu 1,34. Sebagaimana hasil perhitungan sebelumnya bahwa hasil to lebih kecil dari hasil ttest pada tingkat 5% (1,67) dan pada tingkat 1% (2,40). Dan sampailah pada kesimpulan yang berarti bahwa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran tarkib pada siswa kelas 2G efektif, walaupun derajat keefektifannya itu lemah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34536
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nurul Dwi Muliana-FITK25.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.