Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34532
Title: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa
Authors: Siti Nurhaeni
Advisors: Tita khalis Maryati
Afidah Mas'ud
Keywords: Pendekatan pembelajaran, pembelajaran berbasis kemampuan otak, pemecahan masalah, penelitian tindakan kelas.
Issue Date: 3-Jan-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis penerapan pendekatan pembelajaran berbasis kemampuan otak dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 15 Jakarta pada tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar observasi aktivitas siswa, dan jurnal harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berbasis kemampuan otak dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada siklus I, sebesar 53,12% siswa yang mendapat nilai ≥75 (KKM) dengan nilai rata-rata 70,12 dan meningkat menjadi 78,12% pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 80,78. Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari persentase rata-rata 70,72% pada siklus I menjadi 72,31% pada siklus II. Berdasarkan jurnal harian siswa, respon positif siswa meningkat dari persentase rata-rata 69,80% pada siklus I menjadi 80,22% pada siklus II.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34532
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Siti Nurhaeni-FITK15.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.