Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34530
Title: Pengaruh Strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SD IT At-Thoriq Cikereteg Bogor
Authors: Risda Oktavia Pitri
Advisors: Dindin Ridwanudin
Keywords: Strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) dan Membaca Intensif
Issue Date: 20-Mar-2017
Publisher: FITK UINJKT
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) terhadap keterampilan membaca intensif. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT At-Thoriq Cikereteg Kabupaten Bogor semester II tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest- Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca intensif siswa yang diajarkan dengan strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) (kelas eksperimen) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilan membaca intensif siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Nilai rata-rata pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 68,00. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 68,80. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 78,20 dan kelas kontrol sebesar 70,20. Jumlah peningkatan kelas ekperimen berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 10,20% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 1,40%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Independent Sampel T-Test diperoleh thitung sebesar 0,005 pada taraf signifikansi < 0,05. Dengan demikian, H1 diterima dan H0 ditolak karena 0,005 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Directed Reading-Thinking Activity (DR-TA) terhadap keterampilan membaca intensif siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34530
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Risda Oktavia Pitri-FITK11.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.