Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34519
Title: Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Keanekaragaman Hayati
Authors: Fanny Sagita Prianti
Advisors: Meiry Fadhilah Noor
Sujiyo Miranto
Keywords: Pendekatan Lingkungan;Pendekatan Lingkungan
Issue Date: 12-Apr-2017
Publisher: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Lingkungan dengan menggunakan metode kuantitatif (Quase Eksperiment) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015 sampai dengan Februari 2015 di SMA Negeri 1 Ciomas Bogor, dengan sampel 62 siswa kelas X, yang diambil dari 2 kelas yang berbeda. Kelas pertama menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan pembelajaran pendekatan lingkungan dan kelas kedua menjadi kelas kontrol yang hanya menggunakan metode ceramah saja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda 5 dengan alternatif jawaban sebanyak 35 soal. Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan antara rata-rata kelas eksperimen 51.3 dan kelas control 41. Dari hasil perhitungan uji “t” ( α= 0.05) didapatkan nilai thitung(8.641) > ttabel (1.671). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar konsep keanekaragaman hayati.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34519
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FANNY SAGITA PRIANTI-FITK.pdf2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.