Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34515
Title: Pengaruh Pendekatan Analitik-Sintetik terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematik Siswa
Authors: Fahmi Shihhatul Aqdah
Advisors: Lia Kurniawati
Tita Khalis Maryati
Keywords: Pendekatan Analitik-Sintetik;Kemampuan Berpikir Reflektif Matematik;Kuasi Eksperimen
Issue Date: 12-Jan-2017
Publisher: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan analitik-sintetik terhadap kemampuan berpikir reflektif matematik siswa. Pendekatan analitiksintetik adalah pembelajaran berbasis masalah yang dimulai dengan menguraikan masalah menjadi komponen-komponen yang lebih sederhana, dan komponenkomponen tersebut kemudian digabungkan menjadi suatu keutuhan yang baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan randomized posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 8 Kota Tangerang Selatan. Subjek penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas eksperimen dan 40 siswa kelas kontrol yang ditentukan melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematik. Analisis data kemampuan berpikir reflektif matematik siswa dilakukan dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan analitik-sintetik lebih lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan analitik-sintetik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir reflektif matematik siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34515
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FAHMI SHIHHATUL AQDAH-FITK.pdf8.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.