Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34513
Title: Penggunaan Metode Role Playing dan Pemahaman Siswa
Authors: Fauzan
Keywords: Metode role playing,pemahaman siswa;mata pelajaran sejarah
Issue Date: 27-Oct-2016
Publisher: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman sejarah siswa kelas V yang di berikan perlakuan (eksperimen) dan untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode role playing terhadap pemahaman sejarah siswa kelas V pada materi pokok kerajaan maja pahit. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v semester genap SD kharisma bangsa tahun pelajaran 2015/2016. pengambilan sampel di lakukan pada kelas eksperimen dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sedangkan metode yang digunakan adalah one- group pretestposttes design. instrumen yang di gunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa observasi aktivitas siswa, dokumentasi, wawancara, dan angket respon siswa. instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk kolmogorov- smirnov test, paired sample Ttest dan uji N-Gain. hasil analisis playing pada pemahaman sejarah kerajaan majapahit lebih mampu meningkatkan konvensional pada siswa kelas V sd kharisma bangsa tahun pelajaran 2015/2016,ditunjukan dengan hasilpaired sample T test yang menghasilkan data dengan tingkat signifikansi = 0,013<a =0,05, sehinga Ho ditolak dan Ha di terima, (2) ada pengaruh antara metode role playing (X) terhadap pemahaman sejarah (Y). dalam pengujian hipotesis, terbukti bahwa metode role playing (X) berpengaruh terhadap pemahaman sejarah (Y)
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34513
ISBN: 978-602-6804-09-9
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
FAUZAN-PROCEEDING SEMINAR NASIONAL -FITK.pdf1.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.