Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34498
Title: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS MAN 12 Jakarta)
Authors: Nurul Febriana
Advisors: Nurochim
Tri Harjawati
Keywords: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Ekonomi.
Issue Date: 1-Feb-2017
Publisher: FITK UIN JKT
Abstract: Penelitian yang berjudul Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS MAN 12 Jakarta) ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MAN 12 Jakarta). Penelitian ini dilakukan di MAN12 Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Oktober–November 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 58 orang yang diambil secara random, kelas XI IPS 1 sebanyak 30 siswa dan XI IPS 2 sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 5,796. Sementara nilai ttable pada taraf signifikansi 5% dengan N=58, maka diperoleh ttabel sebesar 1,672. Dengan tingkat signifikansi/Probabilitas 0,000 < 0, 05. Artinya signifikan. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS MAN 12Jakarta).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34498
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nurul-FITK.pdf25.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.