Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34494
Title: Pengaruh Pendekatan Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing dan Post Solution Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Authors: Nurhuda Aulia
Advisors: Kadir
Lia Kurniawati
Keywords: Problem posing tipe pre-solution, problem posing tipe post solution, berpikir kreatif matematis.
Issue Date: 16-Dec-2016
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan problem posing tipe pre-solution dan post solution terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian dilakukan di SMP Islam L’PINA Jakarta, Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Randomized Control Group Posttest Only. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa kelompok pre posing dan 30 siswa kelompok post posing yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing tipe pre-solution lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan problem posing tipe post solution (thitung = 2,403, p-value = 0,019/2 = 0,009 < 0,05 atau H0 ditolak). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan problem posing tipe pre-solution lebih berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dibandingkan dengan pendekatan problem posing tipe post solution.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34494
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NURHUDA AULIA-FITK.pdf24.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.