Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34492
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS (Kuasi Eksperimen di Kelas V MIT Nurul Iman Depok)
Authors: Lia Khairun Nissa
Advisors: Khalimi
Issue Date: 21-Feb-2017
Publisher: fitk
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pokok bahasan keragaman ketampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di kelas V MIT Nurul Iman Depok pada bulan September sampai Oktober 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Control Group Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian yaitu kelas VC sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa pedoman observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIT Nurul Iman Depok pada pokok bahasan keanekaragaman ketampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan data posttest kedua kelas, terdapat perbedaan harga thitung dengan ttabel, dimana thitung > ttabel atau 2,134 > 2,004. Adapun perhitungan effect size menggunakan rumusan cohen’s d diperoleh hasil sebesar 0,78 yang menunjukkan kriteria nilai efek sedang.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34492
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Lia Khairun Nissa-FITK2.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.