Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34488
Title: Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik
Authors: Nuzli Fahdia Mazfufah
Advisors: Yanti Herlanti
Yuke Mardiati
Keywords: metode diskusi; isu sosiosaintifik; penalaran ilmiah
Issue Date: 23-Dec-2016
Publisher: fitk
Abstract: Abad ke-21 menuntut sumber daya manusia yang mampu bernalar ilmiah guna menyelesaikan berbagai persoalan. Pembelajaran sains di sekolah perlu mengedepankan metode yang mampu memberdayakan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Metode diskusi isu sosiosaintifik adalah salah satu metode yang memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Diskusi isu sosiosaintifik memunculkan topik kontroversial yang berkaitan dengan sains dan kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi isu sosiosaintifik terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa dan mengetahui pesebaran pola penalaran ilmiah yang dimiliki siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian control group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 87 Jakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 32 orang siswa. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode diskusi isu sosiosaintifik. Adapun di kelas kontrol menggunakan metode diskusi isu non-sosiosaintifik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan penalaran ilmiah dalam bentuk uraian. Analisis data dari kedua kelompok dilakukan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 3,57 dan nilai t-tabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,99. Data menunjukkan t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa metode diskusi isu sosiosaintifik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran ilmiah siswa. Pola penalaran ilmiah yang paling dikuasai siswa adalah theoritical reasoning. Sedangkan, pola penalaran ilmiah yang kurang dikuasai siswa adalah functionality reasoning.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34488
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nuzli Fahdia-FITK16.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.