Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34484
Title: Atsar Istikhdaam Usluub Bithaaqaat Muzaawijah (Make a Match) Fii al-Ta'alum al-Ta'aawunii Fii Saytharah al-Talaamidz 'Alaa al-Mufradat
Authors: Manzilaturrohmah
Advisors: Ahmad Thib Raya
Maswani
Keywords: model pembelajaran kooperatif, make a macth, mufradat
Issue Date: 6-Jan-2017
Publisher: fitk
Abstract: Peneliti melaksanakan penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan teknik kartu berpasangan dan pengaruhnya dalam pembelajaran mufrodat. Dan tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tentang penguasaan siswa terhadap mufrodat, pada siswa kelas 2 MTs. Darul Ma’arif Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif. Dan peneliti menggunakan penelitian eksperimen. Dan adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara guru, dan membagikan tes kepada siswa. Dan sampel penelitian terdiri dari 44 siswa dari kelas 2 di sekolah ini. Diantaranya, 22 siswa di kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa di kelas 2B sebagai kelas kontrol yg belajar mufrodatnya dengan metode terjemah. Dan telah dilakukan pre-test pada siswa kelompok eksperimen sebelum pengaplikasian teknik kartu berpasangan, dan kelompok kontrol dengan metode terjemah dan setelah itu dilakukan post-test kepada kedua kelompok untuk mengukur pengaruh penggunaan metode tersebut. Dan peneliti menggunakan rumus “test-t” untuk mengnalisis data guna mengetahui pengaruh teknik kartu berpasangan terhadap penguasaan mufrodat siswa. Berdasarkan hasil “test-t”, adanya perbedaan statistik antara nilai rata-rata kedua kelompok dalam post-test. Kelompok eksperimen mendapat nilai rata-rata 84,8 sedangkan dan kelompok kontrol mendapat nilai rata-rata 63,7 dan peneliti mendapat nilai t0: 7,23 dan nilai t.test: 2,02 dan 2,71 maka t0 lebih besar dari t.test. maka Ha diterima dan H0 ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknik kartu berpasangan memiliki pengaruh pada pembelajaran mufrodat. Hal ini terlihat pada suasana kelas menjadi hidup karena adanya interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, siswa lebih mudah mengingat kosakata, dan siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34484
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MANZILATURROHMAH-FITK2012000028.pdf136.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.