Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34481
Title: Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat SMA Negeri di Depok
Authors: Indah Dwi Wahyuni
Advisors: Mahmudah Fitriyah ZA.
Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa dan Sastra Indonesia, SMA Negeri di Depok.
Issue Date: 13-Dec-2016
Publisher: fitk
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat SMA Negeri di Depok. Adapun teori yang peneleti kaji sebagai dasar penelitian ini ialah hakikat kompetensi guru, ruang lingkup kompetensi pedagogik, definisi guru, dan tentang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan sejak bulan Mei - Oktober 2016 di SMA Negeri 3 Depok, SMA Negeri 6 Depok, dan SMA Negeri 9 Depok. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Adapun yang berperan dalam penelitian adalah peneliti sendiri, beberapa peserta didik, perwakilan guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas XI serta kepala/wakil kepala sekolah di sekolah tersebut. Teknik pegumpulan data yang digunakan ialah penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil wawancara guru sebagai data primer serta hasil angket siswa dan hasil wawancara kepala/wakil kepala sekolah tentang kompetensi pedagogik guru sebagai data sekunder. Langkahlangkah yang digunakan peneliti dalam menganalisis data ialah pertama mereduksi data, kemudian menyajikan data dan akhir (menyimpulkan) data, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat SMA Negeri di Depok berkualitas cukup baik. Hal ini ditunjukkan bahwa guru memenuhi seluruh ruang lingkup kompetensi pedagogik guru dan rata-rata lulusan S1 (strata satu) dengan fokus Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan perolehan persentase dari hasil data angket sebesar 64,12% dalam aspek pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, 54,17% dalam aspek pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya, 61,09% dalam aspek pengembangan kurikulum/silabus, 76,87% dalam aspek perancangan pembelajaran, 65,27% dalam aspek pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, 58,46% dalam aspek pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan 56,32% dalam aspek evaluasi hasil belajar.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34481
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Indah Dwi Wahyuni-FITK2.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.