Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34469
Title: Miskonsepsi siswa pada materi asam basa dengan menggunakan instrumen tes diagnostik two-tier
Authors: mashfufatul Ilmah
Advisors: Salamah Agung
Nanda Saridewi
Keywords: miskonsepsi, two-tier multiple choice, asam basa
Issue Date: 9-Feb-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan miskonsepsi yang dialami siswa Madrasah Aliyah di Kota Tangerang Selatan pada materi asam basa. Data penelitian diperoleh melalui tes dianostik two tier multiple choice yang terdiri dari 16 soal. penelitian ini melibatkan 135 siswa dari 7 Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa mengalami miskonsepsi dengan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 31%. Siswa mengalami miskonsepsi pada konsep teori asam basa sebesar 34%, indikator asam basa sebesar 31%, tetapan ionisasi asam basa (Ka/Kb) sebesar 34%, kekuatan asam (pH) sebesar 19%, perhitungan pH sebesar 23%, dan konsep pH dalam lingkungan memiliki persentase miskonsepsi paling tinggi yaitu 55%.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34469
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MASHFUFATUL ILMAH-FITK.pdf14.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.