Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34461
Title: Peran Guru sebagai Motivator dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
Authors: Yudi Ardian
Advisors: Ahmad Irfan Mufid
Keywords: Peran, Guru Sebagai Motivator, Pendidikan Agama Islam, SLB-A
Issue Date: 19-Feb-2017
Publisher: fitk
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta pada jenjang SMALB-A. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan September s.d. Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan untuk teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat peneliti simpulkan bahwa di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta pada jenjang SMALB-A guru sebagai motivator berperan cukup baik dalam pembelajaran PAI, hal ini dikarenakan pada langkah-langkah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebagian besar sudah dilaksanakan. Langkah-langkah tersebut terdiri dari pengaturan suasana kelas, menyampaikan tujuan pembelajaran, memilih materi yang benar-benar dibutuhkan oleh peserta didik, menerapkan prinsip penghargaan (reward), menerapkan prinsip hukuman (punishment), memberikan dorongan, melakukan variasi dalam mengajar, memberikan penilaian sesuai dengan kemampuan peserta didik, menjalin kedekatan dengan peserta didik serta melibatkan peserta didik dalam pembelajaran. Langkah-langkah yang paling menonjol dilakukan adalah pemberian dorongan berupa nasihat-nasihat yang baik, kisah-kisah yang inspiratif, dan pengalaman hidup yang membangkitkan semangat belajar peserta didik. Sementara itu, yang masih kurang dalam pelaksanaannya adalah pengaturan suasana kelas dan penyampaian tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran PAI, peran guru sebagai motivator memiliki kontribusi yang cukup besar. Sehingga dari peran tersebut melahirkan pembelajaran PAI yang dinamis, serta mencapai keberhasilan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34461
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
YUDI ARDIAN-FITK5.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.