Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34460
Title: Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
Authors: Asep Syahrul Mubarok
Advisors: Heny Narendrany Hidayati
Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SLB-A
Issue Date: 24-Jan-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta pada jenjang Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB-A). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2016 s.d. Desember 2016. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan datanya menggunakan prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PAI di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta pada jenjang Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB-A) telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan visi misi sekolah melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan di sekolah. Strategi yang digunakan oleh guru PAI tersebut meliputi strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri yang dilaksanakan melalui beragam metode dan teknik pembelajaran. Strategi-strategi tersebut telah membuahkan hasil yang baik pada tiga ranah capaian, yakni ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan). Dalam penerapannya, terdapat perbedaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI terhadap siswa yang satu dengan yang lainnya. Hal ini mengacu pada kondisi fisik dan psikologis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34460
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Asep Syahrul Mubarok-FITK2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.