Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34458
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematik Siswa
Authors: Ajeng Detesyani
Advisors: Tita khalis Maryati
Gusni Satriawati
Keywords: Model Pembelajaran Sinektik;Kemampuan koneksi matematik
Issue Date: 3-Mar-2017
Publisher: FITK
Abstract: Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan koneksi matematik siswa. penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 87 Jakarta Tahun ajaran 2016/2015. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah VIII-4 dan VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen pembelajaranya menggunakan model sinektik dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes koneksi matematik berbentuk essay. Nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan model sinektik sebesar 14,09 dan nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 10,32. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan koneksi matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran sinektik lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model konvensional.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model sinektik berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematik siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34458
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ajeng-FITK15.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.