Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34457
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Optika Geometri
Authors: Rizky Amalia
Advisors: Erina Hertanti
Ai Nurlaela
Keywords: Media Pembelajaran;Augmented reality;Hasil Belajar;Optika Geometri
Issue Date: 8-Feb-2017
Publisher: FITK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep optika geometri. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016 di SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini memiliki dua sampel, yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney terhadap data posttest diperoleh nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,047 dan nilai taraf signifikansi 0,05, terlihat bahwa nilai Sig.(2 tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya media pembelajaran augmented reality berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran augmented reality pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol pada semua jenjang kognitif. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran augmented reality dalam proses pembelajaran fisika pada konsep optika geometri berada dalam kategori baik dengan persentase 78,75.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/34457
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Rizky Amalia-FITK13.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.